Categories: BeritaTips

Pemanfaatan Website dalam Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19

Daftar Isi :

Buat.web.id – Pemanfaatan Website dalam Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19, Manfaat website bagi pembelajaran selanjutnya adalah sebagai sumber belajar. Mungkin dulu sumber belajar atau pembelajaran adalah buku. Akan tetapi, dengan adanya website sekarang ini kita bisa menambah sumber pembelajaran. Bahkan, dengan adanya website kita bisa belajar dari semua sumber yang ada. Tentunya dengan belajar dari berbagai sumber yang ada, akan menambah wawasan dalam pembelajaran.

Baca Juga : 15 Aplikasi Android Terbaik Untuk Mengedit Video

Dengan adanya website dapat membantu siswa belajar secara mandiri tentunya. Sumber belajar yang awalnya hanya dari guru sekarang bisa didapatkan oleh siswa dari sarana website. Dengan menggunakan mesin pencari seperti google siswa dapat dengan mudah menambah pengetahuan mereka secara mandiri.

Tentunya jika ada yang tidak dimengerti oleh guru, disinilah peran guru menjelaskan yang bagian tidak mengerti oleh siswa. Siswa mendapatkan sumber yang banyak yang kemudian bisa didiskusikan bersama guru. Yang jadi masalah sekarang adalah tinggal tergantung dari kesiapan guru apakah bisa menerima proses pembelajaran dari sumber yang lain.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Aplikasi Android No 1 Di Indonesia

Pengaruh yang sedang dan kontribusi rendah pemanfaatan media pembelajaran berbasis website terhadap hasil belajar kognitif siswa. dari penelitian diatas dengan menggunakan website dapat membantu hasil belajar siswa terutama di ranah kognitif. Hasil belajar kognitif adalah kemampuan siswa dalam mempelajari suatu konsep di sekolah dan dinyatakan dalam skor melalui hasil tes untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam pencapaian pembelajaran.

Dalam hal ini melakukan kombinasi sumber belajar yang ada dari guru dengan mengkombinasikan sumber belajar dari internet yang ada di siswa. Siswa dapat pengetahuan secara luas yang tidak hanya didapatkan dari guru saja tetapi didapatkan dari hasil belajar secara mandiri. Dari pengalaman ini siswa dapat menjawab hasil tes berdasarkan pengetahuan tambahan yang di dapatkan.

Pemanfaatan Website dalam Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19

Pada proses pembelajaran berbasis web yang berfungsi sebagai pengganti, siswa memanfaatkan web pembelajaran sebagai pengganti pembelajaran konvensional. Namun, pembelajaran tersebut tetap dalam bimbingan guru karena jika ada materi yang kurang dipahami oleh siswa, guru dapat menjelaskan secara langsung. Pembelajaran berbasis web akan memberikan inovasi dalam pembelajaran, sehingga menimbulkan ketertarikan dan motivasi belajar bagi siswa.

Baca Juga : Seberapa Efektif kah Google Classroom dan Kahoot dalam Pembelajaran Daring

Dari segi manfaat, bila pembelajaran berbasis web dirancang dengan baik dan tepat, maka dapat menjadikan pembelajaran yang menyenangkan, memiliki unsur interaktivitas yang tinggi, menyebabkan peserta didik mengingat lebih banyak materi ajar, serta mengurangi biaya-biaya operasional yang biasanya dikeluarkan oleh peserta didik untuk mengikuti pembelajaran. walaupun sudah ada media website, tetap peran guru tidak bisa dihilangkan. Hal ini dikarenakan guru sebagai pemberi solusi ketika siswa belum paham dalam sumber belajar yang didapatkannya lewat website.

Harapan dalam penggunaan media website adalah mampu memberikan motivasi siswa untuk belajar. Misalnya pada mata pelajaran praktek jaringan komputer, dengan media website dapat di tambahkan video cara merakit jaringan pada website. Hal ini tentunya dapat dengan mudah membantu siswa belajar secara mandiri dirumah.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Harga Termurah & Terjangkau

Guru tidak perlu lagi menjelaskan di sekolah cara merakit jaringan komputer menggunakan presentasi power point. Siswa bisa diminta mengikuti link yang diberikan sebagai bahan sumber video pembelajaran. Seiring perkembangan zaman, selaras dengan perkembangan teknologi yang telah perkembang pesat, fasilitas pembelajaran yang efektif akan menunjang kualitas pembelajaran jarak jauh. Dengan menyiapkan sites website seperti google sites akan memudahkan proses pembelajaran dengan segala fitur-fitur yang ditawarkan sehingga guru dapat menyampaikan.

Pesan pembelajaran secara efektif. pembelajaran jarak jauh sekarang sudah dilakukan semenjak adanya pandemi covid. Guru mulai aktif dalam penggunaan sistem pembelajaran secara jarak jauh.

Related Post

Baca Juga :  Jasa Buat Aplikasi Akuntansi Murah Berbasis Website / Online

Harapan adalah pembelajaran dalam dilakukan secara efektif. Namun sekarang pembelajar jarak jauh tentunya masih menyimpan banyak masalah dalam penerapan. Keunggulan google sites dapat menjadi sarana bagi guru dan siswa dalam sharing knowledge (berbagi pengetahuan) dan informasi dalam bentuk dokumentasi yang menarik.

Google sites juga sebagai sarana bagi guru untuk mengkomunikasikan kepada orang tua siswa terkait berbagai progres pembelajaran atau dokumentasi siswa, orang tua dapat mengunjungi google sites siswa secara berkala agar mengetahui berbagai informasi pembelajaran anaknya, ini merupakan bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam mencapai tujuan pembelajaran bersama.

Baca Juga : Jasa Buat Program Aplikasi Kasir & Toko Terbaik Di Indonesia

Google sites bisa menjadi solusi untuk guru yang belum memiliki website secara pribadi. Dengan memanfaatkan google sites yang dapat diakses pada alamat https://sites.google.com/ guru dapat dengan mudah melakukan upload materi secara mandiri.

Banyak pelajar yang terbantu dengan adanya Pembelajaran Daring. Berikut manfaat Pembelajaran Daring bagi pelajar :

  1. Sarana bertukar informasi
  2. Dapat mengerjakan tugas dimana saja karena tidak terikat dengan tempat
  3. Akses dunia pendidikan yang semakin luas
  4. Menghemat biaya karena tugas tidak perlu memerlukan kertas
  5. Sarana pengiriman dokumen
  6. Media pembelajaran yang efektif
  7. Memperbanyak teman melalui situs jejaring sosial.

Demikianlah artikel Pemanfaatan Website dalam Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19, semoga bermanfaat.

Share
Buat Web Id

Buat.Web.ID – Web Design – Jasa Bikin Website Murah – Maintenance Website Adalah Agency / Jasa Pembuatan Website Murah dan Berkualitas, Jasa Buat Aplikasi Mobile, Android, IOS, Windows & Sistem Informasi. Kami memberikan jasa pembuatan website perusahaan dan web managed services yang sekaligus dapat digunakan untuk Branding, Kampanye Online, dan Penghubung antara Dunia Online dan Offline untuk mendapatkan prospek bisnis.