5 Tips Pencarian Di Mesin Pencari Google Dari Kominfo

Pencarian Google

Buat.web.id – 5 Tips Pencarian Di Mesin Pencari Google Dari Kominfo. Mencari informasi menggunakan mesin pencari Google menjadi kegiatan yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Akan tetapi, terkadang muncul kendala karena Google tidak memunculkan informasi seperti yang diharapkan. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun membagikan tips-tips melakukan pencarian informasi di Google dengan lebih efektif. Kiat-kiat tersebut dibagikan Kominfo melalui akun Instagram resmi @kemenkominfo. Berikut 5 Tips Pencarian Di Mesin Pencari Google Dari Kominfo :

Google Jelajah Nusantara
Google Jelajah Nusantara
  • Gunakan tanda penghubung (-)

Terkadang ketika mencari sesuatu di Google, informasi yang muncul justru tidak berkaitan dengan apa yang ingin dicari. Misalnya, ketika seseorang mencoba mencari informasi tentang Jasa Buat Website  yang merupakan satelit dari planet Saturnus, yang muncul justru informasi tentang Jasa Pembuatan WebsiteUntuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menambahkan tanda penghubung (-) diikuti dengan kata kunci yang tidak ingin ditampilkan. Contoh: Jasa -buat website Tanda penghubung (-) berfungsi untuk pengecualian. Sehingga informasi tentang anime Attack on Titan tidak akan muncul ketika sedang mencari informasi tentang Jasa Pembuatan Website.

  • Gunakan tanda bintang (*)

Mungkin Anda lupa judul sebuah lagu namun masih ingat sebagian lirik dari lagu tersebut. Dengan menggunakan tanda bintang (*) Anda masih bisa menemukan judul lagu yang ingin dicari meskipun hanya ingat sebagian liriknya saja. Contoh: ketik *november rain* di Google Mesin pencari itu akan menampilkan judul lagu november rain dari guns n roses.

  • Gunakan tanda kutip (“)

Mencari informasi spesifik di Google dapat dilakukan dengan menyematkan tanda kutip (“) di awal dan akhir kalimat yang diketik pada kolom pencarian. Contoh: “digital talent scholarship fga” Google secara spesifik akan menampilkan informasi tentang beasiswa Digital Talent FGA dari Kominfo.

  • Gunakan titik dua (:)

Tanda titik dua (:) dapat digunakan untuk melakukan pencarian di website tertentu. Misalnya, jika Anda membutuhkan link menuju website pengecekan IMEI dari Kemenperin, maka dapat menggunakan contoh sebagai berikut: Contoh: “cek imei:kemenperin.go.id” Google akan menampilkan link website Cek IMEI dari Kemenperin pada posisi teratas.

  • Pencarian konversi mata uang

Melakukan konversi mata uang juga dapat dilakukan dengan mudah di situs pencarian Google. Contoh: “$235 to IDR” atau “235 dollar AS ke rupiah” Google akan menampilkan hasil konversi mata uang sesuai dengan kurs yang saat ini berlaku.

error: Content is protected !!