Jadikan Email Menjadi Senjata Marketing Disaat Pandemi Covid-19

Email Marketing Selama Pandemi Covid 19

Daftar Isi :

Jasa Buat Website – Buat.web.id, Jadikan Email Menjadi Senjata Marketing Disaat Pandemi Covid-19. Covid-19 atau orang biasa orang menyebutnya Corona Virus merupakan bencana bagi hampir semua pelaku usaha, dikarenakan semua usaha yang dijalani mengalami kerugian akibat kurangnya daya beli dan komsumsi masyarakat yang otomatis membuat pendapatan berkurang, terutama para pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah),

Diawal tahun 2020, semua bisnis lokal maupun nasional telah dikejutkan dengan 3 perubahan paradigma sekaligus: Pandemi COVID-19, keadaan ekonomi yang tidak pasti, dan sistem bekerja dari rumah.

Yang Paling Baik yang bisa dilakukan dalam kondisi seperti ini adalah bagaimana menjangkau target pemasaran melalui alat yang dapat digunakan bersama tim dengan jarak jauh, tools ialah email marketing.

Baca Juga : Tips Cara Pengaturan Google Search Di Microsoft Edge

Seperti yang sudah sama-sama kita tahu, dunia ini tidak sedang baik-baik saja. Virus bernama COVID-19 (Virus Corona) berhasil memporak-porandakan banyak negara sejak Desember 2019, tidak terkecuali Indonesia yang juga mulai kedatangan virus ini pada awal Maret lalu.

Sebulan kemudian, kita dapati aktifitas perkantoran banyak yang mengaplikasikan protokol bekerja dari rumah (Work From Home) walaupun tidak sedikit juga unit usaha di berbagai industri yang mulai keteteran dengan pandemi ini. sa pai sekarangpun pandemi belum juga usai.

Solusi Bisnis Cerdas Selama Pandemi Covid -19

Email marketing merupakan cara terbaik untuk memberikan update terkait bisnis Anda langsung kepada pelanggan yang sudah berlangganan bisnis Anda. Meskipun keadaan saat pandemi COVID-19 ini penuh dengan ketidakpastian, namun yang saat ini perlu Anda pastikan adalah bahwa bisnis Anda harus tetap berjalan. Beritahu pelanggan bahwa bisnis Anda tetap berjalan meskipun semua tim bekerja dari rumah.

Baca Juga : Jasa Bikin Website Cepat Terbaik Di Seluruh Indonesia

Dengan banyaknya orang yang harus berdiam diri di rumah, terus menscroll sosial media mereka demi mendapatkan update terbaru atau sekedar mencari hiburan, Anda dapat ikut menampilkan konten yang bersifat kepedulian sosial bisnis Anda lewat media sosial, atau dengan cara mengirimkan Email secara massal kepada pelanggan newsletter Anda. Tentunya perlu diingat 1 hal, tampilkan konten yang tidak terlalu “jualan”.

Namun, email marketing lebih dari sekadar strategi marketing Dan Strategi Digital Marketing berkelanjutan yang baik. Email marketing adalah sesuatu yang dapat dilakukan oleh tim marketing dengan sangat mudah, dan sangat mendukung untuk proyek kerja jarak jauh. Dengan email marketing, tim dapat bekerja lebih produktif hanya dengan satu tools email marketing.

Yang harus diperhatikan dalam email marketing

Dalam pandemi COVID-19, ketika mengirim email Anda tidak hanya sekadar mengirimkan email, tapi melalui email ini Anda berbincang dengan lebih personal dengan pelanggan Anda. Selama pandemi ini, mungkin mereka lebih sering menerima email terkait dengan COVID-19. Karena banyaknya email yang mereka terima, tak jarang juga mereka dengan cepat menghapus email yang mereka terima. Oleh karena itu, agar email marketing Anda menarik perhatian pelanggan, pastikan 3 hal ini terlebih dahulu.

Baca Juga : 15 Chanel Youtube Indonesia Buat Belajar Coding

Email Marketing Covid-19
Email Marketing Covid-19
  • Ketersediaan bisnis Anda ketika pandemi ini berlangsung: Jika Anda adalah bisnis lokal dan Anda membatasi jam operasional, atau saat ini tengah menutup bisnis fisik Anda dan beralih ke bisnis online, segera berikan update terkait hal ini kepada pelanggan Anda. Agar mereka mengetahui bagaimana ketersediaan bisnis Anda disaat pandemi ini.
  • Bagaimana Anda merespons krisis: Menurut sebuah penelitian dari Emailmonday.com sebuah perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan mereka selama krisis, kemudian lacak setiap campaign Anda, mana yang memiliki tingkat engagement yang tinggi dan rendah. Setelah itu, berikan treatment sesuai dengan segmentasi berdasarkan hasil dari report campaign Anda.
  • Apa yang Anda tawarkan: Ketika Anda mengirimkan campaign email marketing kepada pelanggan, kategorikan email tersebut memiliki jenis penawaran apa untuk pelanggan, entah apakah itu sebuah diskon, service, konten hiburan, dan sebagainya. Jangan lupa untuk memberikan penawaran yang unik dan menarik agar pelanggan tetap setia untuk Anda.

Jenis strategi email marketing untuk meningkatkan engagement dengan audiens

Sebelum Anda mulai mengirim email, penting untuk memilih strategi yang tepat, sehingga email tersebut menarik dan terorganisir dengan baik. Setiap email membutuhkan konten yang kuat, yang telah diperiksa dengan baik, dan dipersiapkan sesuai dengan segmentasi pelanggan masing-masing. Jadi setiap pelanggan akan menerima email yang berbeda, sesuai dengan segmentasi mereka masing-masing. Berikut ini 3 jenis strategi email marketing untuk meningkatkan engagement Anda dengan audiens.

Baca Juga : Jasa Buat Website Depok Dan Sekitarnya

  • Newsletter: Newsletter merupakan sebuah email yang menawarkan sesuatu kepada pembaca yang berlangganan akan suatu bisnis tertentu. Berlangganan ini bisa berupa konten, promosi, e-book, dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa mendaatka Newslater dengan mudah untuk website Anda dengan menggunakan Feedburner
  • *Drip Campaign: Melalui drip campaign, Anda dapat melakukan interaksi kepada pelanggan berdasarkan aktivitas mereka dalam website Anda, seperti produk yang mereka beli terakhir kali, atau produk yang sering mereka cari pada website Anda. Kirimkan mereka email campaign misalnya dengan rekomendasi produk sejenis yang pernah mereka beli.
  • Seasonal campaign: Campaign ini biasanya bersifat musiman, misalnya campaign Ramadhan & Idul Fitri, Chinesse New Year, Back to School, Holiday Season, New Year dan sebagainya yang sifatnya hanya musiman tidak berlangsung secara terus menerus dalam waktu dekat.

Silahkan Dicoba Strategi Digital Marketing Ini Selama Pandemi Corona Virus

1. Tetap positif, situasi ini akan segera membaik

Terkahir, Jika Anda mengikuti perkembangan berita tentang virus Corona ini secara konstan, Anda mungkin mulai bertanya-tanya apakah tampaknya kita tidak akan pernah lagi meninggalkan rumah?

Tapi percayalah dan tetap positif bahwa situasi ini akan segera membaik, dan bisnismu tidak akan gulung tikar.

Buktinya? Saat artikel ini ditulis, seluruh pasien virus Corona yang dirawat di rumah sakit di Wuhan, yang mana adalah kota yang diduga menjadi tempat pertama kali virus ini merebak, telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Baca Juga : Jasa Buat Website & Toko Online Di Bekasi

Wuhan juga menjadi kota pertama di dunia yang memberlakukan lockdown karena virus corona, dan telah dicabut awal April lalu.

Sementara itu di Jakarta yang merupakan episentrum penyebaran virus Corona di Indonesia semkin menigkat, tetapi tetaplah optimis bahwa pandemi ini akan segara berakhir.

2.Tetap Terhubung Klien Anda

Kita mengerti bahwa banyak orang saat ini dalam keadaan sulit, maka ini adalah kesempatan Anda untuk memperlihatkan empati kepada sesama.

Dengan banyaknya orang yang harus berdiam diri di rumah, terus nge-scroll sosial media mereka demi mendapatkan update terbaru atau sekedar mencari hiburan, Anda dapat ikut menampilkan konten yang bersifat kepedulian sosial bisnis Anda lewat media sosial, atau dengan cara mengirimkan Email secara massal kepada pelanggan newsletter Anda. Tentunya perlu diingat 1 hal, tampilkan konten yang tidak terlalu “jualan”. Ini adalah kesempatan yang unik untuk membangun citra brand Anda.

Email Marketing Disaat Pandemi Corona Virus
Email Marketing Disaat Pandemi Corona Virus

3. Pastikan bisnis Anda mudah ditemukan di Internet

PSBB bukan berarti kegiatan bisnis berhenti, masyarakat masih melakukan pembelian barang ataupun jasa, walau semua melakukannya dari rumah. Anda harus memastikan kehadiran bisnis Anda tetap signifikan terutama di Internet. Karena dengan kondisi seperti saat ini, konsumsi masyarakat terhadap konten di internet jelas naik secara signifikan.

Baca Juga : Jasa Buat Website & Toko Online Murah Di Bogor

Maka pastikan anda selalu menjalankan strategi Search Engine Optimization (SEO) agar bisnis Anda selalu mudah untuk di temukan.

4. Gunakan Iklan Pay-Per-Click (PPC)

Kami mengerti bahwa SEO adalah investasi jangka panjang, karena proses optimisasi website di mesin pencari memang memakan waktu. Apabila bisnis Anda terbilang baru dibangun atau memang belum pernah melakukan strategi SEO dan Anda tentunya tidak ingin kehilangan momentum, silahkan gunakan jasa iklan pay-per-klik (PPC) seperti Google Ads agar bisnis Anda mudah ditemui di Internet dalam waktu singkat.

5. Pastikan Aset Digital Anda terus ter-update

Jangan kasih kendor, inilah waktu yang tepat untuk memperbaharui portfolio pada aset digital Anda entah itu website ataupun akun sosial media. Selalu sajikan audience anda dengan konten yang berhubungan dengan industri bisnis Anda. Anda tentunya tidak mau bisnis Anda tenggelam dalam persaingan karena kompetitor bisnis Anda selalu terdepan dalam menyajikan konten pada aset digital mereka.

6. Persiapkan bisnis Anda untuk bangkit kembali

Tidak ada salahnya untuk tetap positif, seiring berjalannya waktu pandemi ini akan segera berakhir. Perlu diingat bahwa SEO merupakan strategi jangka panjang. Biasanya, kampanye SEO akan mulai terasa efektifitasnya 2-3 bulan sejak dijalankan.

Baca Juga : Pentingnya SEO Untuk Website Dan Pemasaran Online Di Internet

Menghentikan kampanye SEO Anda saat ini adalah langkah yang buruk, bukan tidak mungkin pandemic ini akan berakhir 2-3 bulan dari sekarang dan dengan kampanye SEO yang baik Anda berarti siap untuk kembali bangkitkan Bisnis Anda.

Dampak Covid-19 Bagi Perkembangan Dunia DigItal & Fintech Di Indonesia
Dampak Covid-19 Bagi Perkembangan Dunia DigItal

7. Kesempatan yang baik untuk memberikan diskon

Fakta bahwa banyak orang saat ini terkunci dalam rumah mereka pastinya membuat mereka berfikir 2 kali untuk menghabiskan uang. Orang-orang akan lebih berhemat dalam berbelanja dan ini adalah suatu yang normal saat ini.

Baca Juga : Tips Memasarkan Produk Lewat Media Online Website

Maka dari itu memberikan diskon pada produk Anda adalah cara yang baik saat ini untuk mendapatkan simpati dari para pelanggan bisnis Anda, dan tentunya agar pemasukan tetap terus berjalan. Anda dapat mengumumkan diskon lewat email marketing, iklan PPC (pay-per-klik) ataupun melalui sosial media.

8. Optimasi ‘Local SEO’

Selama diberlakukannya PSBB, tentunya masyarakat membatasi ruang gerak mereka secara umum. Apabila mendesak-pun dalam hal pemenuhan kebutuhan, pasti orang-orang akan mencari tujuan terdekat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Maka saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk mengoptimasi Local SEO bisnis Anda. Apa itu local SEO? Local SEO adalah jenis SEO yang secara spesifik digunakan untuk mengoptimasi mesin pencari, terutama untuk bisnis-bisnis lokal.

Baca Juga : Pesan Web Murah Di Jasa Buat Website

Mesin pencari akan menampilkan bisnis berdasarkan daerah dan jarak terdekat. Maka anda dapat memulai membuat konten artikel yang memberitahu bahwa bisnis Anda tersedia di daerah tertentu.

Peluang Google Bussiness didalam Covid 19
Peluang Google Bussiness didalam Covid 19

Anda juga dapat memanfaatkan platform Google My Business, sepertinya Goolge Bisnis Milik Buat.web.id Google My Business ini merupakan salah satu  hal terpenting dalam menigkatkan pendapatan Anda di masa Pandemi Virus Corona dalam menampilkan review dan ketersediaan bisnis Anda di suatu daerah teretentu.

Baca Juga : Jasa Buat Website Sekolah Fitur Lengkap & Terbaik

Demikianlah Strategi Digital Marketing Dan Email marketing dimasa Pandemi Covid-19, Semoga kita semua dapat melalui masa-masa sulit ini, dan terhindar dar Penyakit pandemi tersebut.

error: Content is protected !!