Mari Pahami Cara Goolge Pencarian Mengelola Informasi Untuk Pengguna

Google Robot AI

Buat.web.id – Cara Goolge Pencarian Mengelola Informasi Untuk Pengguna. Sebelum Anda melakukan penelusuran, Robot crawler web Google mengumpulkan informasi dari ratusan miliaran halaman dan mengelolanya di indeks Penelusuran. Proses crawling dimulai dengan daftar alamat web dari aktivitas crawling sebelumnya dan peta situs yang diberikan oleh pemilik situs. Saat mengunjungi situs, crawler google menggunakan tautan pada situs tersebut untuk menemukan halaman lainnya. Software ini memberikan perhatian khusus ke situs baru, perubahan pada situs yang sudah ada, dan tautan yang tidak lagi aktif. Program komputer akan menentukan situs mana yang di-crawl, serta seberapa sering dan berapa banyak halaman yang diambil dari tiap situs.

Baca Juga : Tips Cara Agar Website Kamu Ramai Pengunjung

Google menawarkan Search Console untuk memberikan pilihan terperinci kepada pemilik situs terkait cara Google meng-crawl situs: Anda dapat memberikan petunjuk mendetail tentang cara memproses halaman di situsnya, dapat meminta crawl ulang, atau dapat memilih untuk tidak menggunakan crawling sama sekali melalui file yang disebut “robots.txt”. Google tidak pernah menerima pembayaran agar suatu situs lebih sering di-crawl. Kami menyediakan fitur yang sama untuk semua situs untuk memastikan kemungkinan hasil terbaik bagi pengguna.

Goolge Search Indonesia
Goolge Search Indonesia

Google Mencari informasi dengan crawling

Web itu seperti perpustakaan yang terus berkembang dengan miliaran buku tanpa sistem pengarsipan terpusat. Google menggunakan software yang dikenal sebagai crawler web untuk menemukan halaman yang tersedia secara publik. Crawler akan memeriksa halaman dan mengikuti tautan di halaman tersebut, sama seperti yang Anda lakukan saat browsing konten di web. Crawler akan memeriksa setiap tautan dan mengirimkan data terkait halaman tersebut kembali ke server Google.

Mengelola informasi dengan pengindeksan

Saat crawler menemukan halaman web, sistem Google akan merender konten halaman tersebut, sama seperti yang dilakukan browser. Google mencatat sinyal-sinyal penting — mulai dari kata kunci hingga update situs dan Google tetap melacak semuanya di indeks Penelusuran.

Baca Juga : Seberapa Efektif kah Google Classroom dan Kahoot dalam Pembelajaran Daring

Indeks Google Penelusuran berisi ratusan miliar halaman dan memiliki kapasitas hingga lebih dari 100.000.000 GB. Ini serupa dengan indeks di bagian belakang buku, dengan entri untuk setiap kata yang terlihat di setiap halaman web yang kami indeks. Saat mengindeks halaman web, Google menambahkannya ke entri untuk semua kata yang ada di dalam halaman tersebut.

Memahani Cara Kerja Google
Memahani Cara Kerja Google

Dengan Grafik Pengetahuan, Google terus berupaya lebih dari sekadar pencocokan kata kunci untuk lebih memahami orang, tempat, dan segala hal yang Anda cari. Untuk melakukannya, Google tidak hanya mengelola informasi tentang halaman tetapi juga berbagai jenis informasi lainnya. Saat ini, Google Penelusuran dapat membantu Anda menelusuri teks dari berbagai informasi yang Anda cari.

Cara kerja algoritma Penelusuran Google

Dengan jumlah informasi yang tersedia di web, hampir mustahil untuk menemukan apa yang Anda butuhkan tanpa adanya bantuan untuk memilahnya. Sistem peringkat Google mengurutkan ratusan miliar halaman web di indeks Penelusuran untuk memilah hasil yang berguna dan paling relevan bagi Anda hanya dalam sekejap, serta menampilkannya dengan cara yang mempermudah Anda dalam menemukan apa yang dicari.

Baca Juga : 3 Tips Jitu Memaksimalkan Website Untuk Promosi Bisnis

Sistem peringkat ini tidak hanya terdiri dari satu, namun serangkaian algoritme. Untuk memberikan informasi yang paling berguna kepada Anda, algoritme Penelusuran melihat banyak faktor, termasuk kata dalam kueri Anda, relevansi dan kegunaan halaman, keahlian sumber, serta lokasi dan setelan Anda. Bobot yang diterapkan untuk setiap faktor berbeda-beda bergantung pada sifat kueri Anda, misalnya, kebaruan konten sangat berpengaruh dalam menjawab pertanyaan tentang topik berita terkini daripada tentang definisi kamus.

Algoritma Google 2021
Algoritma Google 2021

Untuk membantu memastikan algoritme Penelusuran memenuhi standar relevansi dan kualitas yang tinggi, Google memiliki proses ketat yang melibatkan pengujian langsung dan ribuan Penilai Kualitas Penelusuran eksternal terlatih dari seluruh dunia. Penilai Kualitas ini sesuai dengan pedoman ketat yang menentukan tujuan kami untuk algoritme Penelusuran dan dapat dilihat oleh siapa saja.

Berikut adalah faktor utama yang membantu menentukan hasil yang ditampilkan untuk kueri Anda:

Menganalisis kata penelusuran

Memahami maksud penelusuran Anda adalah hal yang penting untuk menampilkan jawaban yang baik. Karena itu, untuk menemukan halaman dengan informasi yang relevan, langkah pertamanya adalah menganalisis arti dari kata di kueri penelusuran Anda. Google membuat model bahasa untuk memahami kata yang harus kami cari di indeks.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Aplikasi Android No 1 Di Indonesia

Hal ini mencakup langkah-langkah yang tampaknya semudah menafsirkan kesalahan eja, dan termasuk mencoba memahami jenis kueri yang telah Anda masukkan dengan menerapkan beberapa riset terkini tentang pemahaman bahasa secara alami. Misalnya, sistem persamaan kata kami membantu Penelusuran mengetahui maksud Anda, meskipun 1 kata memiliki beberapa definisi. Sistem ini telah dikembangkan lebih dari 5 tahun dan memperbaiki hasil secara signifikan di lebih dari 30% penelusuran dalam berbagai bahasa.

Google juga mencoba memahami kategori informasi yang sedang Anda cari. Apakah merupakan penelusuran yang sangat spesifik atau kueri yang luas? Apakah ada kata seperti “ulasan”, “gambar”, atau “jam buka” yang menunjukkan kebutuhan informasi spesifik di balik penelusuran? Apakah Anda mencari kata kunci yang lagi ngetren yang mengartikan bahwa Anda menginginkan konten yang dipublikasikan pada hari itu? Atau, apakah Anda mencari bisnis terdekat dan menginginkan info lokal?

Baca Juga : Pemanfaatan Website dalam Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19

Dimensi yang sangat penting dari kategorisasi kueri ini adalah analisis kami terkait apakah kueri Anda mencari konten baru. Jika Anda menelusuri kata kunci populer, algoritma pembaruan Google akan menafsirkannya sebagai tanda bahwa informasi terbaru mungkin lebih berguna dibandingkan halaman yang lebih lama. Artinya saat Anda menelusuri “Jasa Buat Aplikasi”, hasil “Jasa Pembuatan Aplikasi POS”, atau “Web Hosting Unlimited SSD Murah”, Anda akan melihat informasi terbaru.

Mencocokkan penelusuran Anda

Selanjutnya, kami mencari halaman yang berisi informasi yang cocok dengan kueri Anda. Saat Anda mencari, di tingkat yang paling dasar, algoritme kami mencari istilah penelusuran Anda di indeks untuk menemukan halaman yang sesuai. Algoritme menganalisis frekuensi dan lokasi kata kunci tersebut muncul di halaman; dalam judul atau header, atau dalam isi teks.

Baca Juga : Definisi Internet Of Things Berdasarkan Fungsi, Tujuan & Penerapannya

Sinyal paling dasar yang informasinya relevan adalah saat halaman web berisi kata kunci yang sama dengan kueri penelusuran Anda. Jika kata kunci tersebut muncul di halaman, atau jika kata kunci tersebut muncul di bagian judul atau isi teks, informasi tersebut cenderung relevan. Selain pencocokan kata kunci sederhana, Google menggunakan data interaksi yang diagregasi dan dianonimkan untuk menilai apakah hasil penelusuran relevan dengan kueri. Google mengubah data tersebut menjadi sinyal yang membantu sistem machine learning memperkirakan relevansi dengan lebih baik.

Google Product dan Fitur
Google Product dan Fitur

Selain mencocokkan kata kunci, algoritme google mencari petunjuk untuk mengukur seberapa baik potensi hasil penelusuran menampilkan hal yang dicari pengguna. Saat menelusuri “Kodok”, Anda mungkin tidak menginginkan halaman yang berisikan ratusan kata “Kodok” di dalamnya. Kami mencoba mencari tahu apakah halaman berisi jawaban atas kueri Anda, dan bukan hanya mengulangi kueri tersebut. Jadi, algoritma Penelusuran mengalisis apakah halaman menyertakan konten yang relevan — seperti gambar, video, atau bahkan daftar Jenis Kodok. Terakhir, Google memeriksa apakah halaman ditulis dalam bahasa yang sama dengan pertanyaan Anda, untuk memprioritaskan halaman yang menggunakan bahasa pilihan Anda.

Baca Juga : Fungsi Big Data Berdasarkan Kebutuhannya Di Era Teknologi Infromasi

Sangat penting untuk diperhatikan bahwa, meskipun sistem Google mencari jenis sinyal yang dapat diukur ini untuk menilai relevansi, sistem ini tidak dirancang untuk menganalisis konsep subjektif, seperti sudut pandang atau kecenderungan politik dari konten halaman.

Memberi peringkat halaman yang berguna

Untuk kueri pada umumnya, ada ribuan bahkan jutaan halaman dengan informasi yang berpotensi relevan. Jadi, untuk membantu memberi peringkat pertama ke halaman terbaik, google juga membuat algoritma untuk mengevaluasi seberapa bermanfaat halaman tersebut.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Aplikasi Gudang & Stock Barang Berbasis Website

Algoritme ini menganalisis ratusan faktor yang berbeda untuk memunculkan informasi terbaik yang dapat ditawarkan internet, mulai dari keterkinian konten, hingga frekuensi istilah penelusuran Anda muncul dan apakah halaman memberikan pengalaman pengguna yang baik atau tidak. Untuk menilai keterpercayaan dan keabsahan halaman terkait materi yang dibahas, kami mencari situs yang tampaknya dianggap penting oleh pengguna untuk kueri yang serupa. Jika situs terkemuka lain yang membahas materi tersebut menautkan ke halaman, berarti informasi tersebut berkualitas tinggi.

Terdapat banyak situs di internet yang berisi spam, yang mencoba meraih hasil penelusuran teratas menggunakan teknik seperti terus mengulangi kata kunci atau membeli link yang lolos PageRank. Situs ini memberikan pengalaman pengguna yang sangat buruk, bahkan dapat membahayakan atau menyesatkan pengguna Google. Jadi, Google membuat algoritme untuk mengidentifikasi spam dan menghapus situs yang melanggar panduan webmaster Google dari hasil.

Baca Juga : Jasa Buat Website DKI Jakarta Hubungi 081382140588

Konten di web maupun ekosistem informasi secara lebih luas terus mengalami perubahan. Oleh karena itu, Google tidak hentinya mengukur serta menilai kualitas sistem kami untuk memastikan keseimbangan antara relevansi dan keabsahan informasi, agar hasil penelusuran yang Anda temukan tetap tepercaya.

Menampilkan hasil terbaik

Sebelum menayangkan hasil, kami mengevaluasi bagaimana semua informasi yang relevan saling melengkapi: apakah hanya ada 1 topik di seluruh hasil penelusuran, atau banyak? Apakah halaman yang berfokus pada 1 interpretasi yang sempit terlalu banyak? Kami berusaha memberikan beragam informasi dalam format yang paling berguna untuk jenis penelusuran Anda. Selain itu, seiring dengan berkembangnya internet, kami mengembangkan sistem pemberian peringkat untuk menayangkan hasil yang lebih baik bagi lebih banyak kueri.

Baca Juga : Jasa Buat Website Kota Tangerang Hubungi 081382140588

Algoritma ini menganalisis sinyal yang menunjukkan apakah semua pengguna dapat melihat hasilnya, seperti apakah situs muncul dengan benar di browser lain; apakah situs dirancang untuk semua jenis dan ukuran perangkat, termasuk dekstop, tablet, dan smartphone; dan apakah waktu pemuatan halaman berfungsi dengan baik bagi pengguna dengan sambungan internet yang lambat.

Karena pemilik situs dapat menyempurnakan kegunaan situs mereka, Google berupaya dengan keras untuk memberi tahu pemilik situs sebelum melakukan perubahan signifikan dan dapat ditindaklanjuti ke algoritme Penelusuran kami. Misalnya, pada bulan Januari 2021, Google mengumumkan bahwa algoritme kami akan mulai mempertimbangkan “kecepatan halaman” situs, enam bulan sebelum perubahan diterapkan. Untuk membantu pemilik situs, Google menyediakan fitur dan panduan mendetail seperti PageSpeed Insights dan Webpagetest.org sehingga pemilik situs dapat melihat (jika ada) apa yang perlu mereka sesuaikan untuk membuat situs lebih mobile-friendly. silahkan di cek apakah situs Anda mobile Friendly atau tidak di sisni

Mempertimbangkan konteks

Informasi seperti lokasi Anda, histori penelusuran sebelumnya, dan setelan Penelusuran, semuanya membantu Google menyesuaikan hasil Anda dengan hal yang paling berguna dan relevan untuk Anda saat itu.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Bekasi 081382140588 ™ 👈

Google menggunakan informasi lokasi dan negara untuk menayangkan konten yang relevan untuk area Anda. Misalnya, jika Anda berada di Chicago dan mencari “football”, kemungkinan besar Google akan menampilkan hasil tentang football Amerika dan Chicago Bears akan ditampilkan pertama. Sedangkan, jika Anda mencari “football” di London, Google akan memberi peringkat yang lebih tinggi pada hasil tentang sepak bola dan Liga Primer Inggris. Setelan Penelusuran juga merupakan indikator yang penting untuk menampilkan hasil yang tampaknya berguna bagi Anda, seperti jika Anda menyetel bahasa pilihan atau ikut serta dalam SafeSearch (fitur yang membantu memfilter hasil eksplisit).

Di beberapa kasus, Google juga mempersonalisasi hasil menggunakan informasi tentang aktivitas Penelusuran terbaru Anda. Misalnya, jika Anda mencari “Jasa Buat Website” dan baru-baru ini Anda mencari “Jasa Pembuatan Website”, ini bisa menjadi petunjuk penting bahwa Anda menginginkan informasi tentang Pembuatan Website, bukan tentang kota. Anda dapat mengontrol aktivitas penelusuran yang digunakan untuk meningkatkan pengalaman Penelusuran.

Baca Juga : Goolge & Kemendikbud Menjaring 3.000 Mahasiswa Jadi Talenta Digital

Penelusuran juga menyertakan beberapa fitur yang mempersonalisasi hasil berdasarkan aktivitas di akun Google Anda. Misalnya, jika Anda menelusuri “acara di sekitar saya”, Google dapat menyesuaikan beberapa rekomendasi untuk kategori acara yang mungkin Anda minati. Sistem ini dirancang agar sesuai dengan minat Anda, tetapi tidak dirancang untuk menyimpulkan karakteristik sensitif, seperti ras, agama, atau partai politik.

Baca Juga : Google Menyalurkan Dana Rp42,4 Miliar Tangkal Informasi Hoax Tentang Vaksin Covid-19

Jika Anda adalah pemilik website yang ingin peringkatnya bagus di pencarian google, pintar – pintarlah Anda mengambil hati google, dan ikuti pedoman yang telah di tetapkan oleh google, selamat menyelami samudera hatinya google. ♥

error: Content is protected !!