Categories: BeritaTutorial

Seberapa Efektif kah Google Classroom dan Kahoot dalam Pembelajaran Daring

Daftar Isi :

Buat.web.id – Jasa Buat Website , Seberapa Efektif kah Google Classroom dan Kahoot dalam Pembelajaran Daring. Sejak diberlakukannya Kebijakan pemerintah pada tangggal 16 Maret 2020 tentang pembelajaran yang berbasis online yang terkait dengan Pandemi Covid-19. Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat personal computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet.

Baca Juga : 

Banyak berbagai macam media pembelajaran yang ada namun belum digunakan guru secara maksimal. Salah satunya adalah penggunaan media aplikasi google classroom dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Desain dari Google Classroom sudah tidak asing lagi bagi siswa karena mereka sudah menggunakan beberapa produk dari Google via akun Google Apps (Izenstark dan Leahy, 2015).

Baca Juga : Benarkah Merawat Website Lebih Susah Dari Pada Membuatnya ?

Penggunaan Google Classroom ini sesungguhnya mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara cepat dan akurat kepada siswa (Hardiyana, 2015). Google Classroom di desain untuk empat pengguna yaitu pengajar, siswa, wali dan administrator.

Baca Juga : Tips Cara Agar Website Kamu Ramai Pengunjung

Kelebihan aplikasi Google Classroom dibandingan dengan aplikasi lain yaitu aplikasi Google Classroom dapat digunakan untuk membuat dan mengelola kelas, tugas, nilai serta memberikan masukan secara langsung. Siswa dapat memantau materi dan tugas kelas, berbagi materi dan berinteraksi dalam kelas atau melalui email, mengirim tugas dan mendapatkan masukan nilai secara langsung.Pembelajaran dengan penggunaan Google Classroom ini memiliki kelebihan untuk mempermudah siswa dalam belajar.

Adapun cara pembuatan kelas online dalam Google classroom yaitu :

1. Buka classroom.google.com

2. Dibagian atas halaman Kelas klik tambahkan + Buat Kelas

3. Masukkan nama kelas

Cara Mendaftar Di Google Classroom

4. (Opsional) Untuk memasukkan deskripsi singkat, tingkat kelas, atau jadwal kelas, klik Bagian dan masukkan detailnya.

5. (Opsional) Untuk menambahkan mata pelajaran, klik Mata Pelajaran, lalu masukkan nama atau klik salah satu nama dari daftar yang muncul ketika memasukkan teks.

6. (Opsional) Untuk memasukkan lokasi kelas, klik Ruang dan masukkan detailnya.

7. Klik Buat.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Harga Termurah & Terjangkau

Selain Google classroom pembelajaran daring dengan menggunakan Kahoot merupakan salah satu solusi mengatasi kejenuhan peserta didik dalam mengerjakan tugas berupa teks soal, sedangkan dengan Kahoot ini siswa sangat semangat mengerjakan soal seolah – olah sedang bermain Game tanpa mereka sadari bahwa mereka sedang mengerjakan soal evaluasi serta adanya batasan waktu dalamsetiap soal dalam Kahoot menjadikanpeserta didik semakin tertantang untuk mengerjakannya.

Cara Mendaftar Di Kahoot

Adapun cara pembuatan soal dalam Kahoot yaitu:

1. Buka kahoot.com

Related Post

2. Sign up / Login menggunakan email yang terhubung dengan Google Chrome

3. Isikan biodata

4. Klik create new, pilih jenis soal yang akan digunakan

5. tulis soal beserta kunci jawaban

6. jika sudah selesai klik done. setting pilih bagian attach apabila akan disematkan sebagai file, dan pilih teach apabila akan dimainkan dalam waktu bersamaan

7. isikan deadline (tanggal berakhirnya)

8. klik ok

Selesai!!! selamat mencoba.

Share
Buat Web Id

Buat.Web.ID – Web Design – Jasa Bikin Website Murah – Maintenance Website Adalah Agency / Jasa Pembuatan Website Murah dan Berkualitas, Jasa Buat Aplikasi Mobile, Android, IOS, Windows & Sistem Informasi. Kami memberikan jasa pembuatan website perusahaan dan web managed services yang sekaligus dapat digunakan untuk Branding, Kampanye Online, dan Penghubung antara Dunia Online dan Offline untuk mendapatkan prospek bisnis.

Diterbitkan Oleh
Buat Web Id