Pengenalan Web Scraping Pada Mesin Pencari Serta Pengoptimalannya

Macam Macam Search Engine Di Seluruh Dunia

Jasa Buat Website – Buat.web.id. Di Dunia Internet pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan mesin Pencari / Search Engine / Web Scraping. Orang yang mempunyai Website baik itu Web Komersial maupun Blog Pribadi. atau aplkasi Mobile berlomba – lomba untuk mendapatkan posisi terbaik di Mesin Pencari, Karena dengan bagus nya posisi peringkat di mesin pencari, bukan tidak mungkin akan mendapatkan keuntungan bagi si pemilik website tersebut. Dan Search Engine sendiri mempunyai magnetnya sendiri agar Pemilik website mampu mengoptimalkan websitenya agar dapat meraih peringkat bagus.

Mesin Pencari / Search Engine / Web Scraping sendiri jumlahnya ada ratusan beberapa diantara yang sudah familiar dikalangan pengguna Internet seperti, Google, Yahoo, Bing, Aol, Gogoduck, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Domain Terbaik di Kelasnya Untuk Website

Mengenal Lebih Dalam Mesin Pencari / Search Engine / Web Scraping

Search engine yaitu kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang disediakan oleh perusahaan tertentu melalui website yang telah ditentukan. Search engine mengumpulkan informasi dari web melalui program bot atau web crawler yang secara periodik menelusuri web. Proses pengambilan informasi dari websitewebsite yang ada ini disebut dengan “web scraping”.Web Scraping adalah suatu teknik penggalian informasi dari situs web. Web Scraping berkaitan erat dengan pengindeksan web, adapun cara mengembangkan teknik web scraping yaitu dengan cara pertama Pembuat program mempelajari dokumen HTML dari website yang akan diambil informasinya untuk di tag HTML tujuannya ialah untuk mengapit informasi yang diambil setelah itu pembuat program mempelajari teknik navigasi pada website yang akan diambil informasinya untuk ditirukan pada aplikasi web scraping yang akan kita buat. Perlu pula diperhatikan bahwa implementasi scraping pada tulisan ini hanya melibatkan mesin pencari yang gratis seperti: portal garuda, Indonesian scientific journal database (ISJD), google scholar.

Baca Juga : Tips Mengenal Struktur Data & Schema Markup Untuk SEO Google

Meningkatnya kebutuhan akan informasi mendorong manusia untuk mengembangkan teknologi-teknologi baru agar pengolahan data dan informasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Salah satu teknologi yang sedang berkembang dengan pesat saat ini adalah teknologi informasi/komputer, teknologi internet. Dengan adanya internet akan mempermudah dan mempercepat proses pengolahan data, mencari informasi dan lain-lain. Salah satu fasilitas pendukung perkembangan internet adalah search engine (mesin pencarian). Search engine (mesin pencarian) yaitu kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang disediakan oleh perusahaan tertentu melalui website yang telah ditentukan. Banyak peneliti dan survey menunjukkan bahwa Google adalah search engine nomor satu diikuti oleh Yahoo. Search engine mengumpulkan.

Search Engine Market Share
Search Engine Market Share

informasi dari web melalui program bot (robot) atau web crawler yang secara periodik menelusuri web. Proses pengambilan informasi dari website-website yang ada ini disebut dengan “web scraping”. Web Scraping (Turland, 2010) adalah proses pengambilan sebuah dokumen semi-terstruktur dari internet, umumnya berupa halaman-halaman web dalam bahasa markup seperti HTML atau XHTML, dan menganalisis dokumen tersebut untuk diambil data tertentu dari halaman tersebut untuk digunakan bagi kepentingan lain.

Baca Juga : Teknologi Website Terbaru Yang Wajib Di Terapkan Pada Website Anda ✅

Web scraping sering dikenal sebagai screen scraping. Web Scraping tidak dapat dimasukkan dalam bidang data mining karena data mining menyiratkan upaya untuk memahami pola semantik atau tren dari sejumlah besar data yang telah diperoleh. Aplikasi web scraping (juga disebut intelligent, automated, or autonomous agents) hanya fokus pada cara memperoleh data melalui pengambilan dan ekstraksi data dengan ukuran data yang bervariasi.

Web scraping / Mesin Pencari / Search Engine memiliki sejumlah langkah, sebagai berikut :

  1. Create Scraping Template: Pembuat program mempelajari dokumen HTML dari website yang akan diambil informasinya untuk tag HTML yang mengapit informasi yang akan diambil,
  2. Explore Site Navigation: Pembuat program mempelajari teknik navigasi pada website yang akan diambil informasinya untuk ditirukan pada aplikasi web scraper yang akan dibuat,
  3. Automate Navigation and Extraction: Berdasarkan informasi yang didapat pada langkat 1 dan 2 di atas, aplikasi web scraper dibuat untuk mengotomatisasi pengambilan informasi dari website yang ditentukan, dan
  4. Extracted Data and Package History: Informasi yang didapat dari langkah 3 disimpan dalam tabel atau tabel-tabel database. Cara kerjanya lihat gambar 1 (The Computer Advisor).

Cara Kerja Mesin Pencari

Manfaat dari web scraping ialah agar informasi yang dikeruk lebih terfokus sehingga memudahkan dalam melakukan pencarian sesuatu, adapun cara mengembangkan teknik web scraping yaitu dengan cara pertama Pembuat program mempelajari dokumen HTML dari website yang akan diambil informasinya untuk di tag HTML tujuannya ialah untuk mengapit informasi yang diambil (Create Scraping Template), setelah itu pembuat program mempelajari teknik navigasi pada website yang akan diambil informasinya untuk ditirukan pada aplikasi web scraping yang akan dibuat (Explore Site Navigation), kemudian aplikasi web scraping akan mengotomatisasi informasi yang didapat dari website yang telah ditentukan (Automate Navigation and Extraction), informasi yang didapat tersebut akan disimpan ke dalam tabel basisdata (Extracted Data and Package History).

Baca Juga : Panduan & Cara Mengelola Website Yang Baik Dan Benar

Aspek Legal Web Scrapping

Data scraping biasanya mengumpulkan data dari screen outputs atau mengekstrak data dari kode HyperText Markup Language (“HTML”) yang paling sering ditampilkan oleh sebagian besar websites. Sehingga aplikasi tidak mengambil dari selain dari yang disediakan/dihasilkan oleh interface website yang di-scrape.

Algoritma akan menganalisis analisis konten halaman situs. Web scraping yang diterapkan pada penelitian ini hanya berhubungan dengan informasi yang berhubungan dengan metadata atau informasi terkait bibliography dari suatu artikel ilmiah. Sehingga apabila link lokasi pdf file yang ter-scrap merupakan open access link, maka user dapat men-download pdf artikel tersebut. Namun, apabila link tersebut bersifat close source, tentu pihak web host akan mem-block access hanya kepada yang memiliki otoritasnya, misalnya dengan memasukkan id dan pasword. Sehingga aspek legal dari aplikasi yang dibahas pada artikel ini tidak melanggar pihak manapun.

Tips Meningkatkan Website Di Mesin Pencari

Di Dunia Digital (Internet) sudah banyak Artikel yang membehas tentang Cara Agar Website Mendapatkan Ranking Bagus Di Mesin Pencari, Tetapi tidak semua nya Artikel itu betul atau artikel itu sudah kadarluasa untuk di terapkan di jaman sekarang, karena mesin Pencari seperti Google. red, Mempunyai Alghoritma yang selalu di update tiap Triwulan, Dimana Google akan berusaha memperbaiki metode nya demi pengguna / user yang berselancar di dunia Internet. Disini saya akan sedikit memberi Masukan untuk Anda agar mempunyai ranking yang bagus di Mesin Pencari.

Baca Juga : Dampak Google Pinguin Bagi SEO Website

  • Pada Intinya Anda harus Fokus dan bersabar,

Tidak ada pakar SEO manapun yang berhasil Melakukan dengan cepat untuk menaikan peringkat sebuah website, Semua butuh proses, usaha, dan waktu. Proses tersebut baru kelihatan 3 bulan setelah Anda bekerja keras menaikan peringkat website Anda. Berilah kesempatan untuk robot perayap (Spider) untuk merayapi keseluruhan Website Anda. Sambil Anda Mencari Artikel Yang Bermanfaat bagi user internet.

  • Artikel Yang Berkualitas

Jangan Asal  saja membuat Artikel, karena artikel menunjukan sebuah karakter website, Jika Artikel yang Anda tulis berbobot/bagus imbal baliknya website Anda akan bagus di mesin pencari, begitu sebaliknya jika Artikel Anda buruk/tidak berbobot Maka Buruk Juga hasilnya di mesin pencari, apa lagi artikel tersebut berasal dari Copy Paste dari Website milik orang lain. Ibarat orang – orang bilang. Hidup Itu Sesuai Dengan Amal Perbuatan, Jika berbuat baik maka hasilnya akan baik, dan jika berbuat buruk maka hasilnya akan buruk juga.:) Maka itu lah yang terjadi bagi website yang kurang berkualitas.

  • Perhatikan Bounce Rate ( Lama Kunjungan Visitor )

Point ini adalah imbas dari point kedua,(Artikel Yang Berkualitas). Usahakan agar website Anda mempunyai aritkel yang bermanfaat bagi orang banyak yang mencari Judul Aritkel Anda. Tips nya adalah buat artikel yang panjang minimal 800-1000 huruf, buatlah pengunjung website Anda betah berlama lama di website Anda. Untuk caranya mungkin saya akan posting di lain waktu.

Baca Juga : Ebook Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (Search Engine) Google

Teknik SEO dahulu tidak sama dengan Teknik Seo jaman sekarang, Mesin pencari sekarang benar – benar ketat dalam menerapkan posisi peringkat website. Teknik SEO dahulu dengan Backlink yang banyak Anda akan banyak merajai peringkat di mesin pencari, sekarang Teknik tersebut sudah tidak berlaku lagi dan sudah beralih kecara yang masuk akal yaitu KONTEN YANG BERKUALITAS!!!Becouse Content Is The King” Selamat mencoba.

Note : Bagi Anda yang Awam tentang Pengoptimalan dan pengelolaan website Yang baik dan benar Anda dapat mempelajari nya melalui aplkasi Google Primer, Dengan belajar menggunakan Goolge Primer Anda akan mendapatkan pengetahuan lebih Tentang Dunia Digital Marketing & Website, Karena di Aplkasi tersebut sudah ada soal (Pertanyaan) maupun studi Kasusnya dan sudah support bahasa Indonesia Link Google Primer.

Artikel Lainnya :

error: Content is protected !!