Dampak Google Pinguin Bagi SEO Website

Dampak Google Pinguin Bagi SEO Web

Jasa Buat Website Buat.web.id – Dampak Google Pinguin 4 Bagi SEO Website. Ketika Penguin pertama kali diluncurkan, pada dasarnya itu adalah hukuman. Jika situs Anda terpengaruh oleh Penguin, seluruh situs Anda didemosiasikan dalam pencarian – tanpa penjelasan atau instruksi yang jelas tentang cara memulihkannya.

Baca Juga : Jasa Buat Website Di Jakarta

Sebelum Penguin Google merilis serangkaian update algoritme adalah Panda yang pertama kali muncul pada bulan 23 September 2018. Panda bertujuan menurunkan ranking website yang menyediakan pengalaman pengguna yang miskin. Untuk mengidentifikasi situs-situs tersebut, algoritme ini di buat oleh Panda Navneet, maka nama Algoritme ini mengikuti logika oleh penilai manusia yang berkualitas, menentukan kualitas sebuah website. Pada bulan Januari 2012, halaman update tata letak yang algoritme rilis, yang ditargetkan website dengan konten sedikit di atas flip. Tujuan strategis yang Panda, Penguin dan berbagi tata letak halaman update untuk menampilkan situs web berkualitas tinggi di atas hasil pencarian Google. Namun, situs yang mendapat downranked sebagai hasil dari pembaruan ini berbeda saat target utama characteristics.The Google Penguin update untuk memeriksa webspam. Google Penguin formulir umpan balik. Sebelumnya, algoritma Penguin beroperasi secara terpisah dari algoritma utama mesin pencari Google.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Di Bogor

Kini, Penguin mengikuti jejak algoritma Panda yang sudah lebih duluan bergabung dengan algoritma utama. Perlu diingat bahwa algoritma utama Google sendiri terdiri lebih dari 200 faktor perankingan, dan Penguin atau Panda hanyalah salah satu diantaranya.

Penguin 4.0 Beroperasi Secara Real Time Mengenai Tautan Website

Sejak pertama kali diluncurkan pada 24 April 2012, algoritma Penguin biasanya di update atau di refresh setiap beberapa bulan sekali. Akibatnya, website yang terkena dampak Penguin harus menunggu hingga update yang selanjutnya untuk bisa melakukan recovery. Bahkan update terakhir sebelum Penguin 4.0 ini terjadi sudah 2 tahun yang lalu.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Di Bekasi

Cara Memulihkan Website Yang Terkena Pinalty Google Pinguin

Jika anda bertanya bagaimana cara memulihkan dampak algoritma google penguin, maka boleh saya katakan tidak ada jawaban yang pasti yang bisa menjadi jaminan bahwa SERP situs anda akan kembali seperti semula! Tapi google memberikan beberapa pedoman dan rekomendasi pada Google Webmaster Guidelines nya, dan juga tehnik untuk mengurangi kemungkinan onpage over optimization, mengurangi kemungkinan offpage over optimization, dan kualitas konten situs. Semoga beberapa tips berikut ini dapat memulihkan situs anda yang terkena dampak algoritma google penguin ataupun update google berikutnya:

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Google Panda Untuk SEO Website

1. Ubah Onpage Optimization

Situs Untuk membantu kegiatan SEO anda, onpage SEO adalah salah satu yang diperlukan, tapi melakukan onpage optimization yang berlebihan pada situs anda akan membuat situs anda jelek di mata search engine. Banyak webmaster yang melakukan optimasi situs yang berlebihan dan bahkan menjadi prioritas utama mereka sebelum melakukan kegiatan backlink. Mesin pencari akan sangat mudah mengetahui tehnik over onpage optimization yang dilakukan oleh webmaster, namun tidak pasti seperti apa praktek yang membuat sebuah situs dianggap sebagai “over optimization”. Dari informasi yang saya temukan secara online ada beberapa faktor yang menjadi kriteria mesin pencari menganggap sebuah situs “onpage over optimization”

Baca Juga : Alghoritma Google HummingBird

  • Title tags yang berlebihan adalah salah satu faktor yang bisa membuat sebuah website dianggap over optimization oleh mesin pencari. Mungkin selama ini anda menggunakan title tags seperti ini Keyword 1 | Keyword 2 | Keyword 3, kalau anda menggunakan title tags seperti ini kemungkinan besar mesin pencari akan menganggap situs dioptimasi berlebihan dan bisa dianggap SPAM. Title tags yang baik yang bisa anda pakai adalah dengan menggunakan frase yang mengandung salah satu keywords situs anda, dan maksimalkan title tags anda maksimum 60 karakter.
  • Heading tags yang berlebihan juga salah satu faktor kenapa sebuah situs dianggap over optimization. Gunakan header tags yang mudah dibaca oleh user situs anda lebih baik dibanding bila anda mengulang header tags beberapa kali pada konten anda.
  • Intenal links, membuat internal linking pada setiap konten anda adalah strategy yang baik. Buatlah internal linking dari sebuah konten ke konten yang lain dalam situs anda yang memang masih terkait dan lakukan internal linking dengan cara yang alami. Tehnik keywords stuffing sudah tidak berlaku lagi sejak lama, jadi anda lebih baik melupakan strategy itu untuk selamanya. Jika beberapa konten anda masih terdapat keywords stuffing, segera lakukan perubahan pada konten tersebut dan pastikan anda tidak melakukannya lagi untuk konten anda berikutnya.

2. Hapus Backlinks Yang Buruk dan Bangun Kembali Backlinks Yang Baru

Bila anda pernah melakukan backlinks yang berlebihan pada situs anda maka kemungkinan besar anda akan menerima notifikasi di akun google webmaster anda bahwa situs anda mendapat backlinks yang berlebihan. Dan anda perlu melakukan perbaikan backlinks anda secepatnya sebelum masalah yang lebih banyak didapatkan oleh situs anda. Berikut ini adalah beberapa elemen yang perlu anda tambahkan pada situs anda:

Baca Juga : Ebook Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (Search Engine) Google

  • Linking domain diversity, menerima backlinks terlalu banyak dari sedikit domain dapat membuat situs anda dianggap sebagai over optimization, biasanya ini terjadi bila links situs anda berada pada site wide, header, atau footer di situs lain. Bila memungkinkan, anda bisa menghubungi webmaster situs tersebut dan meminta dia untuk menghapus link anda dari site wide, header, atau footer situs nya. Tapi bila mereka tidak merespon permintaan anda, sebaiknya anda segera membangun backlinks ke situs anda dari situs-situs authority untuk mengurangi efek buruk pada SEO situs anda.
  • Bad Neighborhood backlinks, cek sumber backlinks situs anda apakah ada backlinks dari situs-situs porno, judi, atau sejenisnya. Backlinks dari situs-situs ini dapat memberikan dampak buruk pada SEO situs anda, jadi bila anda pernah mendapat links dari situs-situs sejenis sebaiknya anda segera menghubungi pemilik situs dan memintanya untuk menghapus link anda.
  • Anchor text, menggunakan anchor text yang sama atau terlalu sedikit fariasi pada semua backlinks situs anda tentu saja akan membuat situs anda dianggap over optimization. Secara logika, bagaimana mungkin semua backlinks menggunakan anchor text yang sama, itu sangat tidak wajar. Selanjutnya anda lebih baik menggunakan anchor text berfariasi dan luas untuk setiap backlinks yang anda bangun.

3. Fokus Pada Kualitas Konten

Tujuan mesin pencari adalah untuk menghasilkan pencarian yang terbaik bagi penggunanya, dan hal ini berarti menyajikan konten yang berkualitas dan menyisihkan website SPAM. Lalu anda mungkin bertanya, konten berkualitas itu seperti apa?

Bila anda tidak yakin konten yang baik itu seperti apa, sebaiknya anda meminta seorang teman yang tidak mengerti tentang SEO untuk membaca konten anda, dan mintalah pendapatnya tentang konten anda tersebut. Anda juga dapat membaca salah satu sumber untuk menilai kualitas konten anda.

Dampak Google Pinguin Bagi SEO Web
Dampak Google Pinguin Bagi SEO Web

Jika saat ini situs anda tidak terkena panda atau penguin, jangan berpikir bahwa situs anda tidak akan terkena penguin dan panda di masa yang akan datang. Search engine terutama google selalu melakukan update pada algoritmanya, jadi sebaiknya anda mulai mengatur strategi SEO anda secara keseluruhan.

Artikel Menarik Lainnya :

error: Content is protected !!