Daftar Isi :
Jasa Buat Website – Buat.web.id. Marketing Institut dalam jurnalnya “What is digital marketing” mendefinisikan digital marketing sebagai “penggunaan teknologi digital untuk menciptakan komunikasi terpadu, terarah dan terukur yang membantu memperoleh dan mempertahankan pelanggan sambil membangun hubungan yang lebih mendalam dengan mereka. Didalam artikel ini sekiranya Anda akan mengenal fungsi dan definisi Digital Marketing Di Jaman Sekarang. berikut yang Akan Anda pahami setelah membaca artikel ini :
- Mampu Mengenal Konsep Digital Marketing dan Manfaat Bagi Indvidu Maupun Perusahaan.
- Mampu untuk Membedakan Digital Marketing Tradisional & Modern
Baca Juga : Fakta Penting SEO Untuk Meningkatkan Posisi Website Di Mesin Pencari (Search Engine)
Dapat Disimpulkan Digital Marketing adalah?
- Praktek yang mempromosikan produk dan jasa dengan menggunakan saluran database yang didistribusikan secara online untuk menjangkau konsumen dengan cara yang relevan, pribadi dan hemat biaya.
- Digital marketing pada dasarnya merupakan sesuatu yang berkaitan dengan ide-ide yang dituangkan dalam dunia digital, hal yang menjadi tolak ukur kesuksesannya adalah ketika produk-produk yang ditawarkannya itu apakah menjadi bahan pembicaraan oleh masyarakat.
- Definisi tersebut, memiliki intrepretasi yang komprehensif. Diantaranya mencakup perangkat digital, tertarget, terukur dan segala sesuatu yang memiliki hubungan yang diperlukan dalam mendefiniskan digital marketing. Membangun hubungan karena pemasaran menggunakan teknologi digital.
- Agar lebih jelas dalam membedakan perangkat digital marketing online. Sebagai permulaan, beberapa perangkat digital yang termasuk bentuk-bentuk tradisional dari pemasaran digital seperti; Radio, TV, billboard, dan media cetak.
Baca Juga : Pengertian Domain dan Fungsinya Untuk Blog / Website
Kelemahan Pemasaran digital Tradisional
- Tidak menawarkan umpan balik dan laporan secara instan. Tentu, beberapa orang mungkin merespon panggilan untuk bertindak dari sebuah iklan di salah satu media tetapi tidak ada cara untuk mengetahui jumlah pasti orang yang melihat atau mendengarnya. Data tersebut dikumpulkan dengan membutuhkan waktu lama, setelah tayangan iklan dilakukan.
- Dan apabila ditanya apa itu Digital Marketing, Cara Branding, Promosi, BerJualan dengan medium Teknologi Digital terkini dengan memanfaatkan. Contoh: Internet, Social Media, Mobile marketing, Website. dll.
Keunggulan Digital Marketing
- Internet menjadi salah satu pusat online digital marketing dan media pemasaran yang sangat kuat, terjangkau dan efektif untuk mendapatkan umpan balik langsung dengan proses interaksi dan monitoring yang lebih mudah.
- Internet dapat digunakan baik untuk mengirim pesan kepada seseorang seperti email, IM, RSS, atau podcast, juga untuk menyebarluaskan konten, iklan banner dan bayar perklik (istilah iklan dalam mesin pencari). Oleh karena itu, internet dapat dianggap sebagai kombinasi dari push dan pull teknologi untuk melaksanakan kampanye pemasaran.
- Dengan media digital online tsb, memungkinkan organisasi bisnis dapat melihat secara real-time bagaimana kampanye pemasaran bekerja, seperti Apa yang sedang dilihat, seberapa sering, berapa lama, serta tindakan lain seperti tingkat respon dan pembelian yang dilakukan.
- Digital marketing online dapat didistribusikan pada tingkat yang lebih cepat dan jangkauan yang lebih luas dari komunikasi pemasaran tradisional.
- Media digital memungkinkan konsumen untuk menelusuri informasi lebih dalam yang dibutuhkan untuk membuat keputusan sebelum melakukan pembelian. Selain itu, konsumen dapat melakukan interaksi secara cepat dengan penjual berkenaan dengan produk yang ditawarkan.
- Digital marketing itu tidak hanya berhubungan dengan iklan semata, karena iklan merupakan salah satu cara dalam memasarkan produk yang sebenarnya kurang memilki kredibilitas. Hal tersebut bisa dilihat dari sekitar 76% orang yang tidak mempercayai iklan perusahaan karena dianggap berbohong.
- “Iklan bukan jalan satu-satunya dalam digital marketing dan merupakan cara yang kurang efektif kecuali kalau kita mempunyai uang yang begitu banyak”. Karena iklan pada dasarnya secara tidak langsung memaksa seseorang untuk melihatnya.
- Contoh Perusahaan Yang Memakai Digital Marketing, Ada beberapa contoh perusahaan yang menggunakan Digital Marketing diantaranya adalah sebagai berikut :
- Perusahaan Nippon Paint
- Perusahaan Toyota
- Perusahaan Yamaha
- Perusahaan Samsung
- Perusahaan Web Hosting Unlimited
Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Tanpa Ribet Gratis Tutorial
Digital Marketing Menggunakan Website
Website merupakan Salah satu jurus jitunya adalah dengan menggunakan website sebagai media mempromosikan produk yang dimiliki sehingga dapat diketahui oleh konsumen secara luas. Bukan hanya konsumen yang berada dalam cycle tertentu loh, bahkan seluruh dunia bisa mengetahuinya apabila kita menggunakan website sebagai media untuk memasarkan produk kita. Nah karena website itu berbasiskan internet yang dapat diakses oleh masyarakat luas kapanpun dan dimanapun, maka, tak ayal apabila me-market-kan produk lewat website dapat diakses selama 24 jam, 7 hari. Itu artinya, dibutuhkannya pengelolaan dengan baik, sehingga website kita bisa menarik untuk di kunjungi oleh konsumen. dan website merupakan media Digital Marketing yang dapat membantu Anda memasarkan produk Anda secara Online.
Baca Juga : Jasa Buat Website Dari Buat.web.id
Untuk mengelola website, dibutuhkan admin yang khusus menanganinya sehingga usaha kita sudah ada bagiannya masing-masing. Ada karyawan yang mengelola promosi online dan karyawan yang mengelola promosi offline. Untuk mengontrol konten website, kita bisa mempekerjakan salah satu karyawan yang khusus menangani soal konten website. Karena di dalam konten ini, kita harus benar-benar memperhatikan keberadaannya. Selalu update kontennya dengan memberikan infor terbaru, sehingga website tetap hidup dan semakin berkualitas. Selalu kelola website dengan baik, jangan membiarkan website hanya sebagai pajangan saja. karena website merupakan wajah dari bisnis kita. Mendapatkan kualitas terbaik dari hasil pembuatan website di jasa pembuatan website di Bali akan bisa dipertahankan dengan pengelolaan website yang baik juga.
Baca Juga : Perbedaan Antara WordPress Hosting Dengan WordPress Biasa
Digital Marketing Menggunakan Sosial Media
Disiini saya akan memberikan contoh menggunakan sosial media Facebook, dimana facebook merupakan sosial media paling banyak digunakan manusia di seluruh Dunia. Sekarang Manusia sudah hidup di jaman / era digital berarti harus siap untuk mengikuti segala perkembangan trend serta update yang terjadi di dunia online. Perubahan dan perkembangan ini terjadi sangat cepat, bahkan bisa terjadi tanpa kita sendiri menyadari telah terjadi perubahan tersebut. Salah satu contohnya adalah saat ini masyarakat lebih menyukai dan terbiasa mengirim pesan melalui aplikasi messenger daripada mengirim pesan menggunakan layanan SMS pada handphone. Perubahan trend ini berjalan begitu alami sehingga bahkan masyarakat tidak akan begitu terpengaruh dengan perubahan trend tersebut. Tanpa sadar masyarakat telah mengikuti perkembangan tersebut seiring dengan berjalannya waktu. Salah satu trend yang paling menonjol adalah penggunaan media sosial. Manfaat Dan Kegunaan Sosial Media Untuk Pemasaran Online
Baca Juga : Jasa Buat Website Di Jakarta Barat
Tidak bisa dipungkiri, pasar terbesar pengguna media sosial adalah para anak-anak muda. Generasi millennial pada umumnya, merupakan pengguna terbesar dan paling aktif media sosial. Dari merekalah sebuah trend terbentuk dan tercipta. Ya, tercipta. Karena tidak jarang para generasi muda inilah yang membuat dan menciptakan content yang lambat laun dapat menuntun pada sebuah perubahan trend yang terjadi di masyarakat. Salah satu contohnya adalah budaya selfie dan wefie / berswafoto. Tentu pada era sebelumnya, tidak banyak orang yang melakukan selfie, sehingga teknologi pun juga belum berkembang pesat seperti saat ini. Dulu handphone juga telah dilengkapi dengan kamera, namun hanya kamera belakang. Namun dengan semakin maraknya trend selfie dan wefie, maka produsen handphone berlomba-lomba menciptakan pembaruan teknologi dalam handphone dengan cara menambahkan fitur kamera depan, bahkan dengan megapixel yang cukup mumpuni. Hal ini juga dibarengi dengan semakin maraknya tercipta aplikasi beautify untuk kamera depan, dengan tambahan frame, emoticon, dan sticker yang lucu-lucu untuk menunjang kebutuhan selfie dan wefie yang lebih luas lagi. Perubahan trend ini tentu tercipta karena kebiasaaan yang tercipta dari masyarakat itu sendiri. Dengan kata lain, teknologi dapat mengikuti dan menyesuaikan dengan keinginan manusia, namun manusia juga membutuhkan update teknologi untuk menunjang segala aktifitasnya. Jadi bisa dibilang hubungan ini saling berkaitan dan menunjang antara satu dengan yang lainnya.
Baca Juga : Pengenalan Web Scraping Pada Mesin Pencari Serta Pengoptimalannya
Salah satu trend yang sangat nge-hype, bahkan berlangsung hingga saat ini adalah penggunaan segala jenis media sosial. Walaupun generasi muda masih mendominasi penggunaan media sosial ini, namun sebenarnya media sosial juga dapat dilirik sebagai sebuah peluang bisnis dan bahkan peluang strategi marketing yang cukup menjanjikan bagi para pelaku bisnis. Bagaimana media sosial ini mampu menjadi satu dari banyak faktor penunjang dalam digital era dan khususnya dalam industri bisnis?
Strategi Pemasaran Dalam Digital Marketing
Ada beberapa langkah-langkah sederhana mengenai strategi pemasaran dalam digital marketing yang sangat efektif membangun kesadaran digital dan meningkatkan kesadaran merek. Adapun strategi pemasaraannya Sebagai berikut :
- Langkah 1. Pahami target pasar ;
Siapa mereka ? Dimana Mereka? Jurnal apa
yang mereka baca? Mencari jawaban adalah salah satu cara membuat personal. Personal adalah deskripsi dari orang tertentu yang mungkin menginginkan layanan anda. - Langkah 2. Analisa Pesaing;
Jangan abaikan pesaing anda. Lakukan penelitian terhadap mereka untuk melihat bagaimana mereka menggunakan saluran pemasaran digital dalam menjangkau pelanggan. - Langkah 3. Prioritaskan Taktik dan Saluran Digital ;
Ada begitu banyak saluran media digital online, anda harus dapat menentukan saluran mana yang cocok untuk anda, (Youtube, Facebook dsb). - D. Langkah 4. Memaksimalkan Potensi Saluran ;
Berbagai saluran digital dan taktik akan benar dan untuk bisnis tergantung pada tujuan bisnis setelah tau tujuan bisnis tersebut barulah kita harus memaksimalkan potensi saluran itu. - E. Langkah 5. Mengukur Hasil ;
Membuat indikator kinerja yang diukur dan terukur , misalnya meningkatkan penjualan online sebesar 30% dari sebelumnya, meningkatkan lalu lintas pencarian alami 40%, meningkatkatkan keterlibatan media sosial facebook 25%. - F. Langkah 6. Analisa Efektivitas ;
Anda dapat menguji apakah kampanye pemasaran anda efektif dengan melacak melalui Google Analyst dan mentrik lainnya seperti facebook twitter atau juga bisa memakai media Whatsapp atau Whtasapp Bisnis
Baca Juga : Jenis-Jenis Domain Terbaik di Kelasnya Untuk Website
Jadi penggunaan media sosial memang tergantung seberapa besar orang tersebut membutuhkannya. Tentunya kebutuhan orang yang memiliki online shop akan berbeda dengan kebutuhan seorang influencer di bidang fashion. Kebutuhan ini juga tentu akan sangat berbeda bagi kebutuhan seorang individu biasa yang tidak menjalankan online shop. Pemilik online shop tentu harus lebih sibuk dan ready untuk terus memantau perkembangan media sosial, untuk menjawab pertanyaan konsumen serta mengupload foto produk-produk baru. Kebutuhan seorang individu biasa akan media sosial tentu akan sangat berbeda dengan kebutuhan pemilik online shop yang harus terus memantau perkembangan media sosial yang digunakannya. Selamat mencoba